Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Respon Kritik Anies IKN Timbulkan Ketimpangan, Pengamat: Jangan Hanya Pendapat, Sampaikan Kajian Akademis

Respon Kritik Anies IKN Timbulkan Ketimpangan, Pengamat: Jangan Hanya Pendapat, Sampaikan Kajian Akademis

JAKARTA - Kritik terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dilontarkan salah satu calon presiden (capres) Anies Baswedan menimbulkan ketimpangan direspon oleh pengamat kebijakan publik, Firrean Suprapto.

Sosok yang juga menjabat sebagai Sekjen Masyarakat Kebijakan Publik Indonesia (MAKPI) ini mengatakan, bahwa dalam kritik itu Anies harus menyampaikan kajian secara akademis, tidak hanya berpendapat saja.

"Pendapatnya (Anies) terkait pembentukan IKN menimbulkan ketimpangan baru dan tidak sesuai dengan tujuan pemerataan pemerintah kan hanya pandangan saja. Silahkan pendapat tersebut diuji dan disampaikan kajian akademisnya. Kalau hanya pendapat, ya semua orang bisa memberikan komentar," katanya.

Lebih lanjut Firrean berpendapat, bahwa apa yang terjadi di IKN masih normal saja dan tidak menimbulkan ketimpangan baru yang signifikan.

"Di setiap wilayah selalu ada rasio, jadi ada indikator atas dan bawah, selama ketimpangan masih pada posisi wajar dan terkendali, ya itu normal saja," kata Firrean.

Diketahui, sebelumnya, Anies Baswedan mengkritisi proyek IKN yang sedang dijalankan pemerintah saat ini saat menghadiri dialog terbuka Muhammadiyah di UMS Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2023). Anies mengatakan, tujuan dengan langkah yang dikerjakan di dalam IKN tidak nyambung.

"Membangun satu kota di tengah hutan itu sesungguhnya menimbulkan ketimpangan yang baru. Jadi antara tujuan dengan langkah yang dikerjakan itu nggak nyambung," kata Anies. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar untuk "Respon Kritik Anies IKN Timbulkan Ketimpangan, Pengamat: Jangan Hanya Pendapat, Sampaikan Kajian Akademis"