Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengidap Diabetes, Kalian Wajib Hindari 6 Kebiasaan Seperti Ini

Pengidap Diabetes, Kalian Wajib Hindari 6 Kebiasaan Seperti Ini


JAKARTA - Para pengidap diabetes sangat diharapkan melirik kebiasaan yang harus dihindari agar tubuh tetap stabil dan prima. Setelah nusantaraterkini.co merilis makanan yang wajib dikonsumsi bagi penderita diabetes, sekarang akan membagi tips agar para pengidap diabetes tidak melakukan hal yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat.


Karena, diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat dialami siapapun, baik tua, muda, sampai kepada anak-anak. Gula darah, dilansir dari laman halodoc bagi para pengidap diabetes yang tidak terkontrol akan memicu berbagai dampak serius seperti ginjal, kebutaan juga termasuk sakit jantung.


Maka dari itu, kalian wajib melirik 7 kebiasaan yang harus dihindari, seperti


Sering Melewatkan Sarapan


Sarapan sangat penting bagi para pengidap diabetes sehingga melewatkan waktu sarapan bisa menjadi bumerang bagi kalian. Rasa lapar yang berlebihan justru dapat membuat kalian mengonsumsi makanan berlebihan saat makan siang.


Makan yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat menganggu kadar insulin dan kontrol gula darah tubuh. Dianjurkan, para pengidap diabetes ataupun pradiabetes sangat dianjurkan untuk tidak melewatkan rutinitas penting ini.


Mengonsumsi Makanan Siap Saji


Pengidap diabetes sebaiknya menghindari makanan siap saji. Sebaiknya, kalian mengonsumsi sumber protein tanpa lemak seperti ikan yang dapat menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seperti ikan salmon, tuna, mackerel dan sarden.


Konsumsi Makanan dan Minuman Manis


Konsumsi makanan dan minuman manis dapat memicu lonjakan kalori. Makanan dan minuman manis juga mengandung gula tanpa nilai gizi. Jadi, sebanyak apapun dikonsumsi, keduanya tidak menimbulkan rasa kenyang.


Sebaiknya bagi kalian yang doyan minuman manis, silahkan beralih ke jus buah tanpa pemanis buatan.


Makan saat Sedang Emosi


Biasanya, orang yang tengah sedih, putus asa atau merasa tidak berharga cenderung mengonsumsi makanan manis secara berlebih. Namun, jika kalian pengidap diabetes sebaiknya hentikan kebiasaan ini atau makan saat sedang emosi memuncak.


Selain berdampak pada berat badan, kebiasaan buruk ini juga dapat memicu lonjakan gula darah dalam tubuh. Sebaiknya kalian para pengidap diabetes ubah pola hidup menjadi lebih sehat lagi.


Konsumsi Sereal Manis untuk Sarapan


Melewatkan sarapan memang dapat memicu diabetes. Tapi, sarapan dengan sereal manis juga tidak dianjurkan bagi kalian pengidap diabetes. 


Begitupun, apabila kalian tetap ingin mengonsumsi sereal, sebaiknya pilih yang mengandung protein tinggi. Sarapan tinggi protein dan rendah karbohidrat adalah pilihan terbaik untuk mengontrol nafsu makan.


Sering Konsumsi Roti Putih dan Nasi


Roti putih dan nasi merupakan makanan olahan tinggi karbohidrat di mana apabila kalian para pengidap diabetes mengonsumsi makanan ini bukan hanya meningkatkan gula darah semata, tapi juga bisa menurunkan fungsi otak pada pengidap diabetes. Sebaiknya, pilih makanan dengan kandungan tinggi serat.


Itulah tadi 6 kebiasaan yang harus kalian hindari bagi para pengidap diabetes agar tubuh kalian tetap fit dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. (*)


Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar untuk "Pengidap Diabetes, Kalian Wajib Hindari 6 Kebiasaan Seperti Ini"