Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengidap Diabetes Berikut Olahraga yang Baik untuk Kalian

Pengidap Diabetes Berikut Olahraga yang Baik untuk Kalian

JAKARTA - Pengidap diabetes agar badan terus terlihat fit, nusantaraterkini.co mencoba melirik olahraga yang cocok untuk para pengidap diabetes yang dilansir pada halodoc pada Rabu (22/11/2023).

Bila kalian pengidap diabetes, olahraga secara rutin membantu untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Olahraga juga bisa mengurangi resiko para pengidap diabetes mengalami masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung, stroke, dan kardiovaskular serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menurut para ahli, bagi para pengidap diabetes latihan aerobik selama 150 menit setiap Minggu sangat direkomendasikan. Olahraga penting bagi pengidap diabetes, sehingga American Diabetes Association (ADA) menganjurkan agar pengidap tidak melewatkan latihan aerobik lebih dari dua hari berturut-turut.

Dikutip dari halodoc, nusantaraterkini.co merekomendasikan kepada para pengidap diabetes olahraga yang cocok dilakoni sebelum melakukan aktivitas sehari-hari

Menari

Bagi pengidap diabetes, menari sangat bagus untuk dilakukan sebelum beraktivitas. Karena ternyata, menari tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, jenis latihan yang satu ini juga dapat meningkatkan kekuatan otak dan memori, karena kalian didorong untuk mengingat langkah serta urutan dari tarian tersebut.

Bagi pengidap diabetes, menari bisa menjadi cara yang menyenangkan dan menarik untuk meningkatkan aktivitas fisik, mengurangi berat badan, meningkatkan fleksibilitas, menurunkan gula darah dan mengurangi stres.

Jalan Kaki

Olahraga ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja sehingga sangat direkomendasikan untuk pengidap diabetes. Kalian yang memiliki diabetes dianjurkan untuk berjalan kaki dengan cepat selama 30 menit sampai 1 jam, dan ini dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

Tai Chi

Bentuk latihan yang berasal dari China ini menggunakan gerakan tubuh yang lambat dan halus serta bermanfaat untuk merilekskan pikiran dan tubuh.

Sekitar tahun 2009, para peneliti di Universitas Florida meneliti 62 wanita Korea yang dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok yang melakukan Tai Chi secara teratur.

Hasilnya, mereka yang mempraktikkan Tai Chi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengendalian gula darah. Mereka juga mengaku lebih berenergi dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Berenang

Berenang mampu meregangkan dan mengendurkan otot, namun tidak memberi tekanan pada persendian sehingga sangat baik untuk pengidap diabetes. Bagi kalian yang mengidap diabetes atau berisiko terkena diabetes, penelitian menunjukkan bahwa berenang secara rutin memperbaiki kadar kolesterol, membakar kalori, dan mengurangi kadar stres.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari berenang. Kalian dianjurkan untuk melakukan olahraga tersebut setidaknya tiga kali seminggu selama 10 menit dan secara bertahap menambah lama latihan.

Yoga

Yoga menggabungkan gerakan-gerakan yang mengalir yang dapat membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan. Yoga bermanfaat bagi orang yang mengidap berbagai kondisi kronis, termasuk diabetes.

Olahraga ini juga mampu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi saraf, yang berujung pada peningkatan kondisi kesehatan mental dan kebugaran yang lebih baik. Menurut ADA, yoga memperbaiki kadar glukosa darah pada pengidap diabetes karena olahraga ini meningkatkan massa otot.

Selain lima olahraga yang dianjurkan untuk para pengidap diabetes ada juga nusantaraterkini.co merekomendasikan tips aman berolahraga bagi pengidap diabetes.

Sebelum memulai untuk melakukan olahraga tertentu, ada baiknya kalian membicarakan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan jenis olahraga yang kalian pilih aman dan sesuai untuk jenis diabetes.

Ingat, mulailah berolahraga secara perlahan dan bertahap apalagi bila kalian sudah lama tidak aktif secara fisik, ada beberapa poin yang harus dicermati agar aman dalam berolahraga bagi kalian para pengidap diabetes, seperti

  1. Periksa gula darah sebelum dan sesudah berolahraga, sampai kalian mengetahui bagaimana respon tubuh terhadap olahraga tersebut.
  2. Baik kalian mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2, pastikan gula darah kalian kurang dari 250 mg/dL sebelum berolahraga. Bagi orang yang diabetes tipe 1, berolahraga dengan kadar gula darah lebih tinggi dari 250 mg/dL dapat menyebabkan ketoasidosis, yang dapat menjadi kondisi yang mengancam jiwa akibat kekurangan insulin dalam darah.
  3. Lakukan pemanasan lima menit sebelum dan pendinginan selama lima menit setelah berolahraga.
  4. Minum banyak air sebelum, selama dan setelah berolahraga untuk mencegah dehidrasi.
  5. Sediakan sesuatu yang manis seperti permen, untuk meningkatkan kadar gula bila tiba-tiba saja terjadi episode gula darah rendah
  6. Bila kalian mengalami sesak napas atau pusing, segera berhenti berolahraga. Laporkan setiap masalah tidak biasa yang kalian alami kepada dokter. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar untuk "Pengidap Diabetes Berikut Olahraga yang Baik untuk Kalian"