Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengidap Diabetes, Berikut 6 Makanan yang Baik Buat Kalian

Pengidap Diabetes, Berikut 6 Makanan yang Baik Buat Kalian

JAKARTA - Para pengidap diabetes harus serius dan jangan main-main dalam memilih makanan yang harus dikonsumsi. Itu dikarenakan meningkatnya kadar gula darah menjadi gejala utama yang terjadi pada pengidap diabetes.

Untuk mengendalikan kondisi ini, kalian para pengidap diabetes perlu mengonsumsi makanan yang bisa menstabilkan kadar gula darah.

Maka dari itu, nusantaraterkini.co berusaha menjabarkan makanan yang cocok buat para pengidap diabetes seperti dilansir dari laman halodoc pada Kamis (23/11/2023).

Daging Ayam

Daging ayam sangat cocok buat kalian pengidap diabetes. Pasalnya, di dalam daging ayam banyak protein serta rendah kalori. Dengan begitu, pengidap diabetes lebih mudah mempertahankan berat badan dan merasakan kenyang lebih lama.

Selain kaya protein, daging dada ayam juga mengandung nutrisi lainnya untuk meningkatkan kesehatan otot, tulang, dan mengoptimalkan kekebalan tubuh.

Ubi Jalar

Selain bergizi, ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dijadikan makanan untuk kalian pengidap diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging ubi jalar mengandung lebih banyak serat daripada kulitnya.

Meskipun masih belum ada bukti bahwa ubi jalar dapat membantu menstabilkan atau menurunkan kadar gula darah pada manusia, tidak diragukan lagi kalau ubi jalar merupakan makanan sehat dan bergizi dengan skor glikemik yang rendah.

Roti Gandum

Kebanyakan roti mengandung karbohidrat yang dapat memicu lonjakan kadar gula darah. Nah, roti gandum merupakan satu roti yang memiliki indeks glikemik dan karbohidrat lebih rendah dibandingkan roti lainnya.

Ini karena adanya kandungan serat yang baik dalam roti gandum. Di mana serat menjadi satu kandungan yang baik untuk mengoptimalkan pola diet sehat dan mengontrol kadar gula darah.

Hal ini karena kandungan serat mampu memperlambat pencernaan sehingga membantu menstabilkan kadar gula darah.

Ikan dengan Omega-3

Jangan ragu untuk mengonsumsi ikan. Namun, pilihlah ikan yang memiliki kandungan Omega-3 tinggi. Pastikan pengolahan ikan tetap sesuai untuk mengoptimalkan manfaatnya.

Sebuah penelitian yang terdapat dalam The British Journal of Nutrition melibatkan 68 orang dewasa yang mengalami obesitas. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi ikan Omega-3 memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik daripada yang tidak mengonsumsi ikan dengan Omega-3 setelah makan.

Hal itu karena ikan tersebut juga mengandung protein yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Buah Beri

Stroberi dan bluberi menjadi jenis buah beri yang bisa kalian dapatkan dengan mudah. Buah ini sangat baik dijadikan makanan untuk penderita diabetes.

Alasannya karena buah beri memiliki antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Terpenuhinya kebutuhan kandungan tersebut, mampu membantu untuk mengontrol serta menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bukan itu saja, buah beri juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin K, mangan, dan potasium yang bisa mengoptimalkan fungsi tubuh.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi satu jenis makanan sehat untuk penderita diabetes. Contohnya, seperti bayam dan kale menjadi makanan yang mengandung nutrisi tinggi, seperti vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium, dan kalium.

Makanan ini juga mengandung kalori dan karbohidrat yang cukup rendah sehingga baik untuk mengontrol kadar gula darah.

Menurut studi di Journal of Diabetes Investigation, berjudul Higher Intake of Fruits, Vegetables of Their Fiber Reduces The Risk of Type 2 Diabetes: A Meta-Analysis, mengonsumsi sayuran hijau juga mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini karena sayuran mengandung serat, flavonoid, dan senyawa antioksidan cukup tinggi.

Selain itu, kandungan serat dalam sayuran juga kerap terkait dengan masalah sensitivitas insulin. Terpenuhinya kebutuhan serat meningkatkan kemampuan untuk menunda penyerapan karbohidrat.

Dengan begitu, tubuh mampu mencegah terjadinya resistensi insulin sehingga menghasilkan glukosa darah yang lebih rendah.

Itulah tadi 6 makanan yang sangat bagus dikonsumsi para pengidap diabetes. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan gula darah supaya bisa mengontrol kondisi kesehatan kalian dengan lebih baik. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar untuk "Pengidap Diabetes, Berikut 6 Makanan yang Baik Buat Kalian"