Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maret 2024, Pemindahan ASN ke IKN Nusantara dan Mekanismenya Seperti Ini

Maret 2024, Pemindahan ASN ke IKN Nusantara dan Mekanismenya Seperti Ini


JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) akan berpindah kantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu 2024 mendatang.


Itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PAN-RB) Azwar Anas.


Untuk pemindahan ASN ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur, akunya, pihaknya sudah menyiapkan simulasi pemindahannya. Ia mengaku pemindahan bakal dilakukan secara bertahap pada bulan Maret, Juli dan Agustus 2024 mendatang.


Begitupun, katanya dikutip dari Nusantaraterkini.co pada Senin (20/11/2023) pemindahan ASN ini tergantung dari penyelesaian gedung yang tengah dibangun.


"Kita buat simulasinya bulan Maret, Juli dan Agustus. Kita akan sesuaikan mereka yang pindah," ujarnya.


Ia menjelaskan untuk tahap pertama ada 1.200-an sampai 3.200 yang akan dipindah. "Tergantung selesainya gedung di IKN Nusantara," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.


Mengenai kementerian apa saja dan jabatan yang seperti apa yang akan dipindah duluan ke IKN Nusantara, sangat disayangkan Azwar Anas enggan untuk membeberkannya.


Namun, akunya, hampir setiap kementerian ada beberapa jabatan yang akan pindah termasuk menteri.


Sekali lagi, akunya, perpindahan ASN ke IKN Nusantara akan menunggu infrastruktur di IKN Nusantara siap digunakan.

"Kita sudah exercise ya, hampir setiap kementerian ada jabatan yang pindah, ada yang duluan ada yang tidak, sudah exercise, FGD dengan KL. Intinya begitu tempat siap, kita sudah siapkan," ujarnya.


Selain itu, politisi PDIP ini juga mengungkapkan Presiden Jokowi sudah memintanya dan kementerian terkait lainnya untuk mendiskusikan besaran insentif bagi ASN yang mau pindah ke IKN Nusantara.


"Termasuk insentif mereka yang akan pindah ke IKN Nusantara, termasuk keluarga anak yang akan tinggal di sana. Termasuk indeks kemahalan dan kepindahan di IKN Nusantara," pungkasnya. (*)


Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar untuk "Maret 2024, Pemindahan ASN ke IKN Nusantara dan Mekanismenya Seperti Ini"