Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polres Sergai Bersinergi Selesaikan Perkelahian Warga melalui Problem Solving

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polres Sergai Bersinergi Selesaikan Perkelahian Warga melalui Problem Solving

SERGAI – Personel Babinsa dan Bhabinkambtimbas Polres Serdang Bedagai (Sergai) berhasil menyelesaikan perkara perkelahian warga lewat problem solving.

Kegiatan mediasi itu dilakukan oleh Serda Andi Harafi dan Aipda Hendra Wiryanto yang digelar di Aula Kantor Desa Makmur, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, Senin (30/10/2023).

Kasi Humas Polres Sergai Ipda Brimen mengatakan, perkelahian itu terjadi antara dua pihak, yakni Sumarseh dan Samaria Estevani dengan Torang Sirait, Herta Dewi Sibagariang, Ester Herawati Sirait dan Apri Hermanto Sirait di pihak lainnya.

Di mana kedua pihak tersebut masih berasal dari satu domisili, yakni sama-sama warga Desa Makmur Kecamatan Teluk Mengkudu.

"Kita bersyukur sinergitas Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polres Sergai dapat menyelesaikan perkara warga melalui Problem Solving," kata Ipda Brimen, Senin (30/10/2023).

Dia menjelaskan, perkelahian itu bermula dari masalah pencemaran nama baik antara kedua belah pihak, pada Rabu (25/10/2023). Di mana salah satu pihak menyebutkan anaknya gadis tapi bukan perawan dan pihak lain mengatakan anaknya janda.

"Sehingga masing-masing pihak saling beradu mulut hingga terjadi pertengkaran dengan saling menjambak rambut hingga harus dipisahkan warga lainnya," jelasnya.

Mendapatkan laporan, lanjut Breman, Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan mediasi. Dari hasil mediasi itu kedua belah pihak memutuskan untuk sepakat berdamai dan saling memaafkan dengan tidak melanjutkan perkara tersebut melalui jalur hukum.

Setelah tercapai kesepakatan, perdamaian antara keduanya dituangkan dalam surat perdamaian yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak disaksikan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta perangkat desa dilanjutkan saling bersalaman.

Breman menambahkan, hal ini, merupakan implementasi program Polres Sergai me-Respons yang dicanangkan Kapolres Sergai, AKBP Oxy Yudha Pratesta guna memberi rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

"Kita melihat kehadiran sinergitas TNI-Polri yang peduli dan tanggap terhadap lingkungan dan warga dalam memberikan solusi penyelesaian perkara diluar pengadilan," pungkasnya. (*)

Sumber Sumutterkini.com

Posting Komentar untuk "Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polres Sergai Bersinergi Selesaikan Perkelahian Warga melalui Problem Solving"